Kamis, 09 April 2020

Review Buku "Tourism Impacts, Planning and Management"


Ø    Pendahuluan

Baru-baru ini seperti tahun 1960-an, pariwisata adalah kegiatan di mana relatif sedikit berpartisipasi secara teratur, dan terutama terbatas di Eropa, Amerika Utara dan sejumlah kecil lokasi di bagian lain dunia. Perjalanan internasional, sebelum tahun 1960-an, sebagian besar masih dipertahankan oleh minoritas kaya yang punya waktu dan uang untuk membayar perjalanan laut atau udara jarak jauh. Perubahan besar di paruh kedua abad kedua puluh menyebabkan pertumbuhan cepat dan masif dari fenomena yang dikenal sebagai pariwisata modern. Sebagai contoh, perubahan-perubahan ini telah berkontribusi pada Wilayah Pasifik / Asia Timur menjadi daerah dengan pertumbuhan tercepat untuk pariwisata internasional pada kuartal terakhir abad kedua puluh. Pada tahun 1975, Asia Timur dan Wilayah Pasifik hanya menyumbang 4 persen dari kedatangan wisatawan internasional, tetapi pada tahun 1995 pangsa kedatangan dunia telah meningkat menjadi hampir 15 persen (Pearce, 1995). Perlu dicatat bahwa perubahan ini terjadi pada saat jumlah wisatawan meningkat secara global. Oleh karena itu peningkatan pangsa kedatangan wisatawan internasional di Wilayah Pasifik menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dalam wisatawan aktual antara tahun 1975 dan 1995. Ada sekitar tujuh puluh delapan juta pengunjung yang datang di Wilayah Pasifik/Asia Timur pada tahun 1995 (Pearce, 1995) . Ini sebanding dengan sekitar 100 juta di wilayah gabungan Amerika Utara dan Selatan dan 305 juta di Eropa, yang dengan hampir 60 persen kedatangan internasional tetap, pada akhir abad kedua puluh, satu-satunya wilayah paling penting untuk kedatangan perjalanan internasional ( Pearce, 1995).
Dalam bab 1 buku ini membahas apa yang memungkinkan pertumbuhan ini. Ini melibatkan diskusi tentang sejumlah faktor ekonomi dan sosial. Bab ini juga membahas perubahan sikap untuk berpergian, serta menyajikan diskusi tentang bagaimana peluang untuk perjalanan meningkat.

Ø  Definisi pariwisata dan wisatawan


Buku ini adalah teks pengantar perencanaan dan manajemen pariwisata di tingkat sarjana, namun, beberapa pemahaman tentang sifat pariwisata diasumsikan. Namun demikian, karena tidak ada kesepakatan penuh tentang arti istilah pariwisata, juga tidak ada kesepakatan lengkap tentang apa turis itu, bagian ini berisi diskusi singkat tentang konsep-konsep ini karena mereka jelas penting dalam kaitannya dengan perencanaan dan pengelolaan pariwisata .
Pada awal 1980-an, Matthieson dan Wall (1982, p. 1) menunjukkan bahwa pariwisata terdiri dari:
Pergerakan sementara orang ke tujuan di luar tempat kerja dan tempat tinggal normal mereka, kegiatan yang dilakukan selama tinggal di tujuan itu, dan fasilitas yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Definisi yang lebih baru - dari WTO pada tahun 1991 - dibuat, terutama untuk membantu mereka yang bertanggung jawab untuk menyusun statistik dalam pariwisata. Definisi ini berbunyi sebagai berikut:
Aktivitas seseorang yang bepergian ke luar lingkungannya yang biasa selama kurang dari periode waktu tertentu yang tujuan utama perjalanannya adalah selain untuk melaksanakan suatu kegiatan yang dibayar dari tempat yang dikunjungi (WTO, 1991)
Pariwisata bersifat multi-dimensi dan dapat dikotak-kotakkan dalam beberapa cara. Menurut Prosser (1998) ada dua variabel utama kemampuan. Ini adalah hubungan asal-tujuan dan motivasi untuk bepergian. Dimungkinkan untuk membuat kategori berikut menggunakan hubungan asal-tujuan Prosser.
  1. Pariwisata internasional;
  2. Pariwisata internal;
  3. Pariwisata domestik;
  4. Pariwisata nasional.

Prosser menunjukkan bahwa pariwisata internasional melibatkan pengunjung asing ke suatu tujuan, sementara pariwisata domestik berkaitan dengan warga negara satu negara yang mencoba mengunjungi negara yang sama. Pariwisata internal dapat berhubungan dengan suatu wilayah di suatu negara, sementara pariwisata nasional mempertimbangkan semua bentuk pariwisata dalam satu negara atau negara tertentu.

Ø  Motivasi untuk bepergian

Dalam setiap perjalanan wisata, kemungkinan ada sejumlah alasan yang, jika digabungkan, dapat dianggap sebagai faktor motivasi untuk perjalanan tersebut. Ini dapat dicirikan sebagai faktor 'push' dan 'pull'. Faktor 'dorongan' adalah sejumlah faktor negatif yang dirasakan tentang konteks di mana wisatawan potensial saat ini menemukan dirinya sendiri. Faktor 'tarikan' adalah faktor positif yang dirasakan dari destinasi potensial atau nyata. Sifat, luas, dan signifikansi faktor 'dorongan' dan 'tarik' tertentu akan bervariasi sesuai dengan konteks pariwisata tertentu.
Klasifikasi motivasi menjadi 'push' dan 'pull' terkait erat dengan model psikologis motivasi pariwisata yang dikembangkan oleh Iso-Aloha (1980). Dua dimensi dalam model dapat diringkas sebagai motif 'mencari' dan 'melarikan diri' (Pearce, 1993). Dalam model Iso-Aloha, individu mencari penghargaan pribadi dan interpersonal dan pada saat yang sama ingin melarikan diri dari lingkungan pribadi dan antarpribadi.
Khususnya di bidang terkait psikologi dan sosiologi bahwa peneliti (termasuk Iso-Aloha, 1980) telah mengembangkan teori-teori yang signifikan tentang motivasi. Dalam bidang psikologi kognitif, motif dipandang sebagai sebagian besar fungsi dari konsekuensi yang diharapkan dari perilaku manusia di masa depan (Dunn-Ross dan Iso-Aloha, 1991). Dalam pengertian ini, motif dapat dianggap sebagai faktor internal yang pada awalnya membangkitkan seseorang dan kemudian mengarahkan perilakunya (Iso-Aloha, 1980). Komponen utama dari model motivasi psikologis umum adalah kebutuhan dan motif, perilaku atau kegiatan, tujuan atau kepuasan dan umpan balik (Harrill dan Potts, 2002). Mannell dan Kleber (1997, p. 190) memberikan contoh untuk menunjukkan hubungan antara konsep utama dalam model psikologis ini:
Orang-orang yang memiliki kebutuhan atau keinginan kuat untuk bersama orang lain (motif) dapat mencoba untuk terlibat dalam kegiatan rekreasi, seperti pergi ke bar dan minum yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan interaksi mereka dengan orang lain (perilaku) dengan harapan mengembangkan lebih banyak persahabatan ( tujuan dan kepuasan).
Dalam upaya merangkum motivasi utama para wisatawan, Ryan, (1991) menggunakan karya Cohen (1972), Crompton (1979) dan Matthieson and Wall (1982) dan menyajikan sebelas alasan utama untuk perjalanan wisata. Ini adalah sebagai berikut:
  1. Melarikan diri;
  2. Relaksasi;
  3. Mainkan;
  4. Memperkuat ikatan keluarga;
  5. Prestise;
  6. Interaksi sosial;
  7. Kesempatan seksual;
  8. Peluang pendidikan;
  9. Pemenuhan diri;
  10. Pemenuhan keinginan;
  11. Berbelanja

Daftar sebelas motivasi untuk perjalanan wisata ini juga dapat dilihat terkait dengan konsep faktor 'push' dan 'pull' dengan, misalnya, 'melarikan diri' dengan jelas faktor pendorong dan 'prestise' jelas merupakan faktor penarik. Ryan (1991) menunjukkan bahwa seringkali, pilihan liburan didasarkan pada kombinasi motivasi yang dilihat sebagai serangkaian prioritas oleh calon wisatawan pada saat itu. Prioritas ini dapat berubah dari waktu ke waktu dan menyadari beberapa kebutuhan perjalanan mungkin sengaja tertunda (Ryan, 1991, 1997).
Chadwick (1987) memberikan kategorisasi yang lebih disederhanakan dari alasan untuk perjalanan terkait wisata ketika ia merangkum motivasi dan tujuan perjalanan di bawah tiga judul utama. Ini adalah sebagai berikut:
  1. Kesenangan: rekreasi, budaya, olahraga aktif, mengunjungi teman dan kerabat.
  2. Profesional: pertemuan, misi, bisnis, dll.
  3. Tujuan lain (belajar, kesehatan, transit).

Survei Penumpang Internasional Tahunan yang dilakukan oleh Otoritas Turis Inggris membedakan lima jenis kunjungan terkait pariwisata (dikutip dalam Prosser, 1998):
  1. Liburan mandiri;
  2. Liburan termasuk;
  3. Bisnis;
  4. Mengunjungi teman dan kerabat (VFR);
  5. Lain-lain.

Ø   Industri Pariwisata

Masalah penting dalam buku ini adalah hubungan antara berbagai sektor industri pariwisata. Buku ini juga menyelidiki hubungan antara wisatawan, pemangku kepentingan pariwisata dan pemerintah dan perwakilan industri. Ringkasan berbagai sektor industri pariwisata, mengacu pada sektor perjalanan, sektor akomodasi, sektor hiburan dan hiburan dan sektor yang terkait dengan organisasi pariwisata
Dalam ringkasan ini, berdasarkan Middleton (1994), ada lima sektor dan meskipun ini mirip dengan sektor Lavery, ada lebih banyak penekanan pada organisasi pariwisata dan daya tarik bagi wisatawan.

Ø   Industri Pariwisata

Masalah penting dalam buku ini adalah hubungan antara berbagai sektor industri pariwisata. Buku ini juga menyelidiki hubungan antara wisatawan, pemangku kepentingan pariwisata dan pemerintah dan perwakilan industri. Ringkasan berbagai sektor industri pariwisata, mengacu pada sektor perjalanan, sektor akomodasi, sektor hiburan dan hiburan dan sektor yang terkait dengan organisasi pariwisata.
Berdasarkan Middleton (1994), ada lima sektor dan meskipun ini mirip dengan sektor Lavery, ada lebih banyak penekanan pada organisasi pariwisata dan daya tarik bagi wisatawan.

Ø   Sistem pariwisata

Lokasi kegiatan pariwisata adalah komponen utama pariwisata (Mason, 1990). Leiper (1990) berusaha menghubungkan tujuan wisata dengan daerah penghasil pariwisata.
Model Leiper adalah upaya untuk melihat pariwisata sebagai bentuk sistem, di mana ada struktur operasional yang dibangun dari komponen yang berinteraksi.
Dalam model ini ada tiga komponen interaktif: (i) wilayah penghasil pariwisata; (ii) wilayah tujuan; dan (iii) rute transit yang menghubungkan kedua wilayah. Namun, model Leiper telah dikritik karena menyederhanakan (Prosser, 1998). Prosser memberikan model yang lebih rinci yang, katanya, mewakili lebih efektif kompleksitas batin dari lingkungan pariwisata.
Banyak pembahasan dalam buku ini berfokus pada lokasi yang dikunjungi wisatawan, yaitu tujuan wisata. Di tempat tujuan (di akhir pariwisata), sebagian besar dampak cenderung dicatat dan mungkin dirasakan secara kuat oleh populasi penduduk. Oleh karena itu, ada kebutuhan besar untuk perencanaan dan pengelolaan di tujuan wisata.
Ø    Keterbatasan data
Salah satu masalah utama dalam menilai skala, kepentingan dan karenanya dampak pariwisata adalah ketidakkonsistenan dan ketidakterbandingan dari angka-angka yang dikumpulkan. Leiper (1999) menunjukkan bahwa WTO sering dikutip sebagai sumber data tentang pariwisata internasional. Leiper mengutip angka-angka dari tahun 1996 yang menyatakan bahwa ada hampir 600 juta turis internasional, mewakili lebih dari 10 persen populasi Bumi pada waktu itu. Leiper menyatakan bahwa angka ini bukan benar-benar turis tetapi ‘kedatangan.’ Dia berpendapat bahwa data statistik WTO mengabaikan pola frekuensi perjalanan dan rencana perjalanan multi-tujuan. Dia berpendapat bahwa sebagian besar dari kedatangan ini oleh pelancong yang sama bukan individu yang terpisah. Oleh karena itu, Leiper menyarankan, hampir 200 juta orang melakukan perjalanan internasional pada tahun 1996 - ini hanya sepertiga dari angka WTO.
Masalah data dapat ditemukan di semua skala; internasional, nasional dan internal (Prosser, 1998). Seperti yang ditunjukkan Theobold (1994), ini bahkan merupakan masalah dalam satu negara. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, seorang turis di Florida adalah 'penduduk luar negara bagian yang menginap setidaknya satu malam di negara bagian itu untuk alasan-alasan lain selain penghentian yang diperlukan untuk koneksi transportasi atau untuk transaksi bisnis semata' . Namun, di Alaska seorang turis didefinisikan sebagai 'non-residen yang bepergian ke Alaska untuk kesenangan atau budaya dan tanpa tujuan lain' (Theobold, 1994).
Middleton (1994, p. 7) telah menunjukkan bahwa meskipun ada upaya untuk membuat tingkat komparabilitas statistik pariwisata, mencapai presisi sangat kompleks dan meskipun berbagai pedoman, belum ada keseragaman dalam metode pengukuran yang digunakan di seluruh dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar